Kamis, 14 Maret 2019

KOREAN SKINCARE STEPS (REVIEW JUJUR)

Kalau ada yang nanya, kamu tim make up atau tim skincare ? maka dengan lantang akan saya jawab, saya tim skincare! karena bagi saya, memperbaiki itu lebih penting daripada menutupi__yang jujur lebih baik daripada yang suka pura-pura hehe_ 
jadi setelah kelahiran anak kedua, dimana saat hamil kulit kinclong tanpa perlu usaha keras, cukup wudhu saja sudah bersih__namun setelah anak kedua lahir kulit langsung kering dan hampir semua jenis permasalahan kulit muncul. Maka dari itu setelah baca google sana sini__tipikal emak-emak milenial__akhirnya saya memutuskan untuk menjajal Korean skincare. Saya mulai dari tester-tester skincare populer hingga skincare dengan nama-nama yang jarang didengar. Dari sana saya bisa membandingkan khasiat masing-masing skincare ke kulit saya pribadi.

Dalam menggunakan skincare, saya mengikuti 10 langkah Skincare Korea yang terdiri dari double cleansing step, toner, serum dan face oil, cream, eye cream, sleeping mask, sunblock dan physical exfolation. Awalnya agak ribet tapi lama-kelamaan kalau sudah terbiasa, 10 menit sudah bisa selesai keseluruhan step nya. Saya akan jelaskan satu per satu tahapannya disertai dengan merek apa yang pernah saya coba.
Step pertama adalah double cleaning. Jadi double cleaning ini terdiri dari dua tahap. Yang pertama membersihkan muka dengan pembersih muka seperti micellar water, oil based cleanser, cleaning balm dan lain-lain. Pada tahap pertama ini saya menggunakan innisfree Apple speed cleaning oil. Rasanya enak, bersih, dan kalau dibersihkan dengan air tidak meninggalkan minyak sama sekali. Yang saya rasakan setelah menggunakan produk ini adalah tekstur kulit menjadi lebih baik dan terasa bounchy kalau disentuh. Innisfree adalah satu-satunya produk cleaning oil yang pernah saya coba dan saya belum berniat untuk mencoba produk lain.
Setelah menggunakan cleaning oil, saya menggunakan water based cleansing produk dari cosrx yaitu low pH good morning gel cleanser. Jadi produk pencuci mika ini diaplikasikan setelah membusakan sedikit gel nya dengan air. Sejauh ini saya sudah menggunakan produk ini sebanyak 3 tube dan masih belom berniat pindah ke cleansing merek lain. Saya pernah mencoba dari merek innisfree tapi rasanya tidak seenak saat menggunakan cosrx. Selain itu saya pernah mencoba cetaphil tapi juga terlalu kering untuk kulit saya yang berjenis kombinasi. Saat memakai cosrx saya merasa kulit saya nersih, tidak kesat, tidak kering, tidak iritasi dan tentu saja bounchy kalau disentuh😀.
Step selanjutnya adalah menggunakan toner. Mengapa harus pakai toner? Toner ini mampu memberikan kelembapan pada kulit setelah dibersihkan. Untuk step ini saya memilih toner yang ringan dan bersifat melembabkan. Pilihan saya jatuh pada natural Pasific rose water toner dengan kelopak bunga asli yang cantik. Sebelumnya saya pernah menggunakan toner dari merek yang sama dengan varian calendula tapi toner dari kelopak bunganya calendula ini terlalu kering untuk muka saya. Selain toner di atas, saya juga pernah mencoba mamonde rose water toner, tapi kulit saya jadi kering setelah memakainya. Toner lain yang cocok buat saya juga adalah song & park beauty water. Tapi saya tetap memilih menggunakan natural Pasific rose water toner karena selain melembabkan kulit, tampilannya juga cantik dengan kelopak bunga mawar asli😍.
Step ketiga adalah menggunakan serum dan atau face oil. Pada step ini saya menggunakan serum terlebih dahulu setelah itu baru menggunakan oil. Saya sudah pernah mencoba beberapa merek serum diantaranya natural Pasific fresh herb origin serum, innisfree green tea seed serum, Red serum dan IUNIK rose galactomyses synergy serum. Serum yang rasanya paling cocok untuk kulit saya adalah IUNIK rose galactomyses synergy serum. Menurut saya serum ini mencerahkan, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan noda-noda bekas jerawat, dan ada anti agungnya. Sejauh ini saya sudah menggunakan dua botol serum dan belum berniat untuk ganti produk. Setelah menggunakan serum, saya menggunakan rose hip oil merk life Flo. Sekali pakai langsung cocok dan melembabkan.
Step keempat adalah step menggunakan cream wajah. Ada beberapa cream Korea yang sudah pernah saya coba, diantaranya innisfree Orchid enrich cream, Joseon dynasty cream, nature republic Aloe Vera shooting gel, sulwashoo concentrated gingseng renew cream ex dan masih banyak lagi tapi lupa mereknya. Saat ini saya masih menggunakan Joseon dynasty cream dan sulwashoo concentrated gingseng renew cream ex karena saya rasa cocok dan melembabkan. 
Step kelima adalah eye cream. Salah satu step wajib dalam menggunakan skincare karena bagian bawah mata adalah bagian yang paling sering cepat kering, berkerut dan muncul lingkar hitam alias mata panda. Saya pernah mencoba beberapa produk pada step ini diantaranya, cosrx ceramide eye cream, Laneige water eye sleeping mask, eye cream sulwashoo__lupa namanya karena kepanjangan, dan natural Pasific fresh herb origin eye cream. Sampai saat ini belum menemukan yang benar-benar cocok, saya masih ingin mencoba merek-merek lain. Sejauh ini saya merasa bagian bawah mata saya lebih lembab dan mata panda berkurang.
Step keenam adalah menggunakan sleeping mask. Pada malam hari ini adalah step skincare terakhir. Setelah menggunakan cream, untuk mengunci segala manfaat perawatan dan kelembaban di kulit maka digunakanlah sleeping mask pada step terakhir. Sejauh ini saya telah menggunakan 2 merek sleeping mask yaitu Laneige water sleeping mask dan cosrx rice sleeping mask. Menurut saya dua-duanya bagus, sama-sama melembabkan, memberikan efek mencerahkan saat bangun tidur dan memperbaiki tekstur kulit. Tapi Laneige memiliki kelebihan berupa sleep tox yang membuat rileks saat digunakan untuk tidur malam.
Di siang hari, step terakhir setelah menggunakan cream wajah adalah menggunakan sunblock. Bagi saya menggunakan sunblock di siang hari hukumnya wajib. Karena sebagian besar penyebab kulit rusak adalah cahaya matahari. Untuk itu kulit perlu dilindungi menggunakan sunblock. Sejauh ini sunblock yang saya gunakan hanya satu dari merek innisfree yang longlasting for oily skin sunblock. Sunblock ini mengandung bahan-bahan aman yang tidak berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui, Tidak menyebabkan masalah kulit, dan water proof. 
Sunblock ini memiliki white cast ketika digunakan, tapi tidak masalah bagi saya karena tidak terlihat setelah menggunakan bedak tabur.
Selain steps di atas, ada step tambahan lain yaitu eksfoliasi. Saya memilih menggunakan physical eksfoliasi dengan menggunakan masker wash out yang juga berfungsi sebagai scrub. Step ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pada step ini saya menggunakan JAFRA mud mask 1 Minggu sekali dan skin food egg pore mask 3 kali dalam seminggu. Step ini saya lakukan setelah membersihkan wajah dengan cosrx low pH good morning cleanser dan sebelum step toner.
Ada satu lagi step yang paling menyenangkan dalam Korean skincare step yaitu tahapan memakai mask sheet. Tahapan memakai mask sheet ini tahapan yang paling sering muncul di drama Korea. Merek favorit saya untuk mask sheet ini adalah innisfree dan Etude house. Saya menggunakannya 1 kali dalam seminggu yaitu saat weekend di malam hari. Saya melakukan step ini setelah menggunakan cream wajah dan sebelum menggunakan sleeping mask.

0 komentar:

Posting Komentar