Kamis, 17 Oktober 2013

NOT BAD......

Ini teman-teman kuliahku yang inspiratif..... :)



27 September 2013. Hari ini adalah hari pertama perkuliahanku di S2. Sebenarnya bukan resmi perkuliahan perdana karena matrikulasi telah selesai saya ikuti dua minggu yang lalu. Tapi tetap saja rasanya ada yang berbeda. Jika matrikulasi tidak mampu benar-benar saya nikmati karena terlampau shock dengan “issue” baru yang akan saya hadapi dan bahasa pengantar yang –bukan bahasa sehari-hari—tidak seperti perkuliahan saya yang dulu, serta adaptasi yang sangat sulit bagi pribadi introvet seperti saya, namun pada perkuliahan pertama pasca matrikulasi ini, saya sudah merasa sedikit enjoy. Memang, terlalu cepat untuk dapat dikatakan telah terbiasa mengingat begitu banyak hal dan kebiasaan baru yang (harus) saya pelajari dalam enam hari matrikulasi. Tapi, lumayan juga, enam hari matrikulasi kami sudah menghasilkan dua tulisan “critical review” walaupun belum layak disebut demikian karena isinya kebanyakan resume dengan sedikit kritik dangkal di ujung. Tapi yaa….alhamdulillah… not bad buat pemula seperti saya. Bagaimanapun yang terpenting menurut Pak Ardi (dosen kami), kami dapat menjadi pribadi yang berbeda  setelah mengikuti perkuliahan S2 ini InsyaAllah… J
Saat saya sedang mengetik tulisan ini sebetulnya saya sedang menunggu magrib di mushallah kampus.  Well, bagaimanapun juga kendala yang paling saya hadapi selama di sini, selain permasalahan adaptasi materi perkuliahan tingkat akut dan bahasa pengantar perkuliahan yang 99% berbahasa inggris—yang kadang-kadang ada satu atau dua kata yang tidak saya mengerti—adalah masalah pergaulan. Ini menjadi masalah yang lumayan serius juga, di manapun saya berada. Saya ini merasa kurang pandai dalam bergaul, berbasa-basi, bertegur sapa dan sebagainya. Ya, memang ini masalah saya dari dulu, mau bagaimana lagi. Tapi, jujur saja kelasnya menyenangkan, orang-orangnya juga ramah-ramah, kecuali saya yang kurang ramah (sambil ngakak).  Teman-teman yang lain kelihatannya sudah biasa bergaul dengan leluasa. Jalan bersama, makan bersama, tertawa bersama, seperti sudah bertahun-tahun saling mengenal. Tapi apapun masalah adaptasi yang saya rasakan tidak akan menyurutkan semangat saya untuk tetap berjuang supaya bisa berkuliah dengan selamat dan tidak terlalu mengulur waktu. Amin. Aminkan! J
Mata kuliah pertama hari ini adalah Academic Writing and Presentation yang diampu oleh dua orang dosen mumpuni (menurut saya). Beliau berdua lulusan luar negeri. Bahkan salah satunya, saya pernah menggenggam sertifikat gelar doktornya dari Australia dan mematut-matutnya di depan cermin berharap suatu saat nama saya yang tertera disitu—saat itu saya benar-benar terinspirasi dan sangat ingin seperti itu, insyaAllah suatu saat nanti. Hari ini yang saya dapatkan adalah motivasi untuk menulis dan menulis setelah membaca dan membaca lebih banyak lagi—karena tanpa itu tidak mungkin kita bisa menghasilkan tulisan yang baik dan bermutu.  Tugas yang (mungkin) berat di mata saya sebelumnya bisa saya maknai menjadi tugas yang merupakan tantangan bagi saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi intinya ya…menulis, menulis, menulis….kemudian….membaca, membaca, membaca, membaca, membaca, membaca, membaca. Mau tidak mau. Suka tidak suka. Okelah…Yakin Usaha Sampai!

0 komentar:

Posting Komentar