Sabtu, 16 Juli 2011

TENTANG AKU


 Karangan beasiswa, waktu apply ke beasiswa PPM School of Management:
Adapun salah satu situasi dimana saya berperan sebagai pemimpin adalah ketika saya diberi tanggung jawab untuk menjadi Master of Training (MoT) Basic Training (LK I) HMI Cabang Pontianak. Biasanya penyelenggaraan basic training dilakukan berdasarkan kebiasaan saja, apa yang dilakukan senior pada basic training sebelumnya, maka akan dilakukan pula oleh MoT basic training berikutnya. Tapi saat itu saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda, sesuai dengan prinsip tertulis yang jarang dipertimbangkan oleh kebanyakan MoT. Saya sepenuhnya sadar bahwa MoT memiliki kuasa penuh atas training yang dipimpinnya dengan demikian saya berusaha untuk mencapai target tertentu dalam training tersebut. Target saya adalah konsistensi keaktifan peserta pasca training. Adapun upaya yang saya lakukan adalah dengan mengaktifkan dan mengevektifkan follow up pasca training dengan menu follow up yang bervariasi. Hasilnya, beberapa bulan pasca training, sebagian besar dari peserta aktif mengikuti aktivitas organisasi, hasil yang lebih baik daripada training sebelumnya.
Adapun beberapa prestasi yang pernah saya peroleh diantaranya: pertama, saya menjadi salah satu mahasiswa yang terpilih untuk berpartisipasi dalam penulisan buku bersama dosen-dosen dari Jurusan Syari’ah STAIN Pontianak yang berjudul: “Ekonomi Islam; Sekarang dan Masa Depan”. Dalam buku tersebut, saya menulis paper berjudul: “Selayang Pandang Sejarah dan Perkembangan Perbankan Islam”. Hal ini menunjukkan bukti otentik intelektualitas seorang mahasiswa. Sebelumnya, saya juga pernah menulis di media cetak local. Kedua, saya diberi kesempatan untuk menjadi penerjemah tamu CAIREU yang datang dari Belanda untuk member materi workshop pada tahun 2010. Pada tahun yang sama, saya sering menterjemahkan karya ilmiah dosen dan proposal proyek. Hal ini penting sebagai aktualisasi keterampilan saya dalam hal penguasaan bahasa Inggris aktif dan pasif. Ketiga, saya senantiasa dapat mempertahankan indeks prestasi saya di atas rata-rata setiap semesternya hingga akhirnya saya berhasil mendapatkan IPK yang sangat memuaskan di akhir perkuliahan. Hal ini tidak mudah bagi saya ditengah kesibukan untuk dapat aktif di beberapa organisasi dan hasil tersebut merupakan hal yang membanggakan bagi saya.
Salah satu kegagalan yang paling membekas dalam benak saya adalah ketika saya gagal memasuki universitas dengan program studi yang saya inginkan dengan tanpa tes. Awalnya saya ingin studi bahasa inggris, karena gagal masuk tanpa tes, saya memutuskan untuk studi ekonomi Islam karena permintaan orang tua. Awalya saya sangat kecewa dan berfikir bahwa saya tidak akan mungkin mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan minat saya. Selain itu, pendidikan dasar saya sebelumnya tidak begitu mendukung saya untuk melanjutkan studi di bidang ekonomi Islam sehingga banyak penyesuaian dan usaha yang harus dilakukan ketika menjadi mahasiswa pada bidang studi tersebut. Namun, lambat laun saya berhasil menyesuaikan diri di perguruan tinggi pilihan orang tua hingga akhirnya saya memperoleh gelar S1. Bahkan, saya lebih banyak memperoleh kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan dan ilmu yang saya miliki. Ada banyak hal menarik yang dapat saya pelajari di bidang studi ini.
Saya berencana untuk bekerja di sebuah institusi pendidikan seperti universitas, sekolah tinggi atau institute yang sesuai dengan program studi saya sebagai tenaga pengajar dan peneliti. Sembari bekerja, saya akan merintis bisnis di bidang konsultan pendidikan luar negeri dan lembaga penterjemahan bahasa asing. Selain itu, saya juga berencana untuk dapat menamatkan pendidikan pada level tertinggi.
Sebagai referensi bagi panitia PPM “The Future Leader”, selain aktif berorganisasi saya juga pernah memiliki pengalaman kerja meski hanya dalam waktu singkat karena sesuai dengan kebutuhan. Saya pernah magang di BRI Syari’ah Cabang Tanjungpura Pontianak selama 2 bulan sebagai salah satu program mata kuliah wajib Praktek Kerja Lapangan (PKL) di program studi Ekonomi Islam STAIN Pontianak. Selain itu, saya pernah menjadi asisten matrikulasi Bahasa Inggris di program studi Muamalah Jurusan Syari’ah STAIN Pontianak selama 1 semester. Sekarang, sudah hamper satu bulan, saya diberi kepercayaan untuk menjadi manajer sebuah bimbel kecil yang sedang berkembang di Pontianak. Berikutnya, saya sertakan juga beberapa hasil karya tulisan saya yang telah diterbitkan sebagai bahan pertimbangan bagi panitia diantaranya, opini “Selayang Pandang Sejarah dan Perkembangan Perbankan Islam” dalam buku kumpulan opini “Ekonomi Islam; Sekarang dan Masa Depan” tahun 2009, Cerpen “Hujan di Kota Kecil” diterbitkan di Pontianak Post tahun 2009, opini ‘Krisis Global Akibat Paradigma Kapitalisme” diterbitkan di Borneo Tribun tahun 2008, opini “Lembaga Zakat dan Pemahaman Umat terhadap Zakat bagian 1 dan 2” diterbitkan di Borneo Tribun tahun 2008, dan puisi “Tanpa-Mu” yang dimuat di bulletin internal HMI Change tahun 2007.

0 komentar:

Posting Komentar